04 Oktober 2009

PELAJAR SIAGA JAKARTA TIMUR


I. SEJARAH SINGKAT PELAJAR SIAGA

Ekstrakulikuler Pelajar Siaga pertama kali diperkenalkan oleh kepala kantor kepolisian Resort Jakarta Selatan, seluruh pelajar diwilayah jakarta selatan turut serta dalam memerangi bahaya narkoba, tawuran sesama pelajar. Maka dibentuklah suatu wadah yang dapat menyalurkan aspirasi dikalangan pelajar yang dinamakan dengan PKS (Polisi Keamanan Sekolah), Tujuan dibentuknya PKS adalah mengantisipasi adanya tindakan-tindakan destruktif yang dilakukan oleh sebagian pelajar.

II. SEJARAH BERDIRINYA PELAJAR SIAGA

Polisi Keamanan Sekolah (PKS) diwilayah Jakarta Timur, khususnya kecamatan cakung didirikan pada tanggal 22 September 1996, dimana anggota itu terdiri dari beberapa sekolah yaitu :
> SMK Dinamika Pemb. Jakarta
> SMK Ristek Jaya
> SMK Ristek kikin
> SMK Al-akhyar
> SMU 89 Jakarta
> SMU 76 Jakarta

Dari sebagian sekolah diwilayah cakung yang masih aktif sampai sekarang ini adalah SMK Dinamika Pemb Jakarta. Seiring dengan perkembangan waktu PKS ini dirubah menjadi Pelajar Siaga.

III. TUGAS PELAJAR SIAGA

Tugas anggota Pelajar Siaga identik dengan keamanan dan satgas (satuan tugas) dimana anggota pelajar siaga harus selalu siap dalam menjalankan tugas dan selalu berjaga jaga serta memberikan informasi secara akurat apabila terjadi tindak asusila dikalangan pelajar, selain itu tugas pelajar siaga adalah:

a. Internal
Yang dimaksud internal (dari dalam) yaitu anggota pelajar siaga bertugas membantu seluruh kegiatan dan acara-acara yang berada disekolah terutama dibidang keamanan.

b. External
Selain tugas internal anggota pun mempunyai tugas yang harus dijalankan yaitu external (dari luar) yaitu anggota membantu aparat kepolisian dalam mengatur jalannya lalu lintas bukan hanya itu pelajar siaga pun harus siap membantu masyarakat dalam kehidupan sosialisasi.

IV. MATERI PELAJAR SIAGA

Materi yang diajarkan kepada setiap anggota pelajar siaga tentu saja materi-materi kepolisian selain itu materi tentang management organisasi pun tak lupa diberikan agar setiap anggota mempunyai wawasan yang luas tentang organisasi. Materi-materi kepolisian yang diajarkan diantaranya:
1. PBB (Peraturan Baris Berbaris)
2. SENAM LANTAS
3. SENAM KOMANDO
4. DRILL BORGOL
5. DRILL TONGKAT
6. BELA DIRI PRAKTIS
7. TPTKP(Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara)

V. Atribut Pelajar Siaga

Banyak sekali atribut pelajar siaga,tentu saja sebelum mendapatkan atribut anggota harus mengikuti latihan setiap hari minggunya dan mengikuti pelantikan kenaikan tingkat atau pangkat baru lah anggota bisa mendapatkan atribut diantaranya adalah:
untuk tingkat 1 atau lebih dikenal dengan sebutan junior biasanya mendapatkan kaos latihan dan lencana sedangkan untuk tingkat 2 atau lebih dikenal dengan sebutan senior mendapatkan atribut seragam khusus tugas (PDL),dan untuk tingkat 3 atau dewan senior mendapatkan rompi hitam dan sertifikat pelajar siaga.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar